5+ Cara Membuat Power Supply 12V Non CT dan Bahan – Bahannya

Cara Membuat Power Supply 12V Non CT – Bagi sobat yang sedang mencari tahu apa saja Cara Membuat Power Supply 12V Non CT maka kalian dapat menyimak artikel ini hingga selesai agar kalian bisa mengetahui dan mempraktekan mengenai kiat-kiat ini dengan benar dan tepat yaa..

 

Cara Membuat Power Supply 12V Non CT

 

cara membuat power supply 12v non ct

 

Pengertian Apa Itu Power Supply

Sebagian besar bagi orang yang telah lama berkecimpung di dunia elektronik pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai rangkaian elektronik beserta komponen – komponenannya. Pembelajaaran tentang rangkaian elektronika biasanya akan lebih menjurus pada saat kita bersekolah di kejuruan seperti SMK. Biasanya pelajaran mengenai power supply atau komponen dasar sudah diperkenalkan sejak kelas 10 loh pren.

Salah satu jenis komponen elektronik yang paling kerap dibahas dan tentunya tidak asing adalah power supply. Apakah diantara sobat mintul ada yang mengetahui apa yang dimaksud dengan power supply? Power supply adalah komponen elektronik yang biasanya digunakam untuk memasok atau menyediakan daya listrik ke satu atau lebih perangkat. Dengan seiring perkembangan zaman, power supply saat ini telah didesain sedemikian rupa untuk mengubah bahan dasar energi semisal matahari, angin, hingga kimia menjadi sumber energi listrik.

Selain itu, pada perangkat komputer maupun lainnya, powrr supply dikenal memiliki peranan yang penting. Apabila diperangkat listrik rumah tangga atau lainnya didalamnya tidak terdapat powrr supply maka perangkart tersebut tidak dapat berjalan dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, jika power supply bawaan perangkat rumah tangga kita rusak kita juga bisa membuatnya sendiri loh. Pada saat kita akan mengakses power supply kita bisa menggunakan kabel yang terdapat dalam suatu perangkat.

 

Jenis-Jenis Power Supply Yang Beredar di Pasaran

Jika diatas kita telah berkenalan dengan apa itu yang dimaksud dengan apa yang dimaksud dengan power supply, sebelum kita mengetahui cara membuat power supply 12V non CT dibawah ini adalah jenis jenis power supply terlebih dahulu. Dibawah ini adalah jenis – jenis power supply :

1. Power supply AT

Yang pertama adalah power supply AT (Advance Technology) adalah power supply generasi pertama sebelum muncul jenis power supply ATX. Power supply ini biasanya digunakan oleh para pengguna komputer lawas. Jenis power supply ini merupakan jenis yang paling lama digunakan oleh para pengguna komputer.Power supply AT ini biasanya digunakan untuk jenis motherboard AT, seperti komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, seperti komputer Pentium 3 dan 4. Power supply AT diketahui memiliki spesifikasi kabel daya listrik mencapai 12 pin dengan daya listrik yang rendah, yakni 250 watt.

 

2. Power Supply BTX

Selanjutnya adalah power supply BTX. Power supply BTX ini digunakan untuk membantu menunjang perangkat komputer di rumah atau perkantoran. Apabila dilihat secara detail, power supply ini memiliki dua jenis kabel, yakni kabel power yang mengarah ke motherboard dan kabel SATA. Dibandingkan dengan power supply yang lainnya, BTX termasuk jenis power supply yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis power supply lain. Maka itu, tidak heran apabila jenis power supply yang menjadi salah satu jenis power supply yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer.

 

3. Power Supply ATX

Jenis power supply yang terakhir adalah power supply ATX (Advance Technology Extended). Power supply ATX ini adalah pengembangan dari jenis power supply AT sebelumnya yang telah dibahas. Uniknya, power supply ATX ini memiliki sistem on/off tersendiri, sehingga bisa mempermudah para pengguna untuk mematikannya secara otomatis. Power supply ATX juga memiliki daya listrik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis TS. Biasanya penggunaan power supply ini diperuntukkan bagi perangkat komputer yang memiliki processor AMD, Intel Pentium III, dan Intel Pentium IV.

 

Bahan – Bahan Membuat Power Supply 12V Non CT

Dibawah ini adalah cara membuat power supply 12V baik dengan CT dan non dengan menggunakan komponen dan tutorial dibawah ini :

a. Trafo CT atau Non CT bebas

Langkah pertama adalah membuat power supply adalah menyiapkan trafo. Perbedaan antara CT dan Non CT nantinya adalah untuk arus negatifnya jika CT salurkan ke socket pin CT. Jika Non CT salurkan ke Pin maka akan menunjukkan angka 0.

b. Menyiapkan diode 2 Ampere berjumlah 4

c. Box Plastik

d. Siapkan elco kapasitor ukuran 4700uF dengan voltase diatas 50Volt harga 10rb – 15rb

e. Kabel AC dan juga kabel kecil

Untuk jenis kabel kita bisa menyiapkan sepanjang 2 meteran dengan dua jenias warna yang berbeda untuk memudahkan nantinya untuk membedakan arus plus dan minus arus listrik

 

Langkah – Langkah Cara Membuat Power Supply 12 V Non CT dan CT

Dibawah ini adalah penjabaran cara membuat power supply 12v non ct maupun power supply ct yang mudah sehingga sobat dapat lebih mudah untuk memahami:

  1. Langkah pertama adalah sambungkan Kabel AC ke Socket Pin Trafo. Socket Pin Trafo pada bagian arus AC ada tiga pilhan yakni angka 0, 110 dan 220. Para sobat mintang bisa menyambungkan ke pin angka 0 dan 220 karena standar listrik Indonesia adalah 220 volt bagia rangkaian dari Trafo CT,
  2. Setelah itu, untuk kedua ujung arus keluaran dioda disambungkan menjadi satu sebagai bentuk arus keluaran Positif. Sedangkan dari arus CT menjadi arus negatif.
  3. Pada kedua aliran arus tersebut, untuk Positif dan Negatif disalurkan juga ke Elko (Ingat jangan sampai terbalik). Bagi Arus Negatif akan ditandai dengan sisi bergaris dan tanda minus pada elko.
  4. Kemudian tambahkan lagi akbel untuk keluaran dari elko tersebut sebagai arus akhir yang akan dipakai. Komponen elco memiliki fungsi sebagai peredam keseimbangan arus DC.
  5. Untuk tipe Non CT, maka arus negatif dari angka 0 langsung saja diarahkan ke Elko tanda minus yang nantinya juga langsung sebagai arus keluaran – (negatif). Sedangkan untuk arus positifnya + , bisa kita ambil dari angka berapa yang pilih, bisa 9 volt, 12 volt, 15 volt maupun 18 volt yang paling besar dalam trafo 2A.
  6. Jangan lupa untuk menambahkan kit Panel DC Dimmer jika sobat menginginkan voltase yang dapat dirubah sesuai keinginan. Untuk cara kerjanya maka arus dapat disetel menggunakan Potensio yang ada dalam DC Dimmer seperti setelan buat volume radio. Kita juga bisa menambahkan DC Dimmer dimana fungsi DC Dimmer mengubah arus keluaran sesuai keinginan kita. Dengan hanya memutar knop potensiometer kita bisa didapat voltase sesuai keinginan kita loh sobat

 

Akhir Kata

Demikian diatas adalah artikel mengenai Cara Membuat Power Supply 12V Non CT. Semoga apa yang dituliskan Mintang mengenai power supply ini dapat bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pertimbangan kalian. Mintang juga mohon maaf apabila ada yang kurang kalian pahami. Thank you and see you on next article. Sayonaraaa~